Desain Grafis #8 - Tekstur Pengertian, Penjelasan, Fungsi, dll
Tuesday, April 11, 2017
Tekstur adalah kondisi permukaan suatu gambar.
Tekstur merupakan sifat permukaan sebuah benda. Sifat permukaan dapat berkesan halus, kasar, kusam, mengkilap, licin, berpori dan sebagainya. Kesan -kesan tersebut dapat dirasakan melalui penglihatan dan rabaan. Namun pada bidang desain grafis hanya menggunakan tekstur yang bersifat visual, karena terbatas pada bidang dua dimensi. Tekstur sering dipakai untuk lebih menguatkan karakter sebuah bidang, dengan menciptakaan tekstur tertentu akan lebih menguatkan pesan yang ingin disampaikan sehingga karya desain menjadi lebih artistik.
Tekstur terdiri atas dua jenis yaitu nyata dan semu.
1. Tekstur semu adalah kesan yang berbeda antara penglihatan dan perabaan terhadap sifat dan
keadaan permukaan bidang benda karya seni rupa.
2. Sedangkan tekstur nyata adalah nilai raba yang sama antara penglihatan dan rabaan.
Fungsi Tekstur dapat memberikan kesan pada persepsi manusia melalui penglihatan visual, seperti misalnya pada suatu bidang rata yang mempunyai perbedaan warna, maka warna yang gelap terlihat sebagai bayangan warna yang terang sehingga timbul kesan seolah-olah bidang tersebut tidak rata.
Secara keseluruhan maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa dengan pengolahan tekstur yang baik, maka tata ruang luarnya akan menghasilkan kesan dan kualitas ruang yang lebih menarik.
Perkenalkan saya: Muhammad Ferdy Yassar
Assalamualaikum wr wb. Saya dari Kalimantan Selatan, Sekolah di SMK Negeri 1 Barabai masih duduk dibangku kelas X TKJ. Sehari-hari saya tidak lepas dengan namanya Komputer dan Internet, tentunya saya sangat menyukai yang berbau Komputer terlebih lagi dengan Network
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Tytyd xd
ReplyDeleteMamank
ReplyDeleteNjay hexor :b
DeleteNgoahahaha xD
ReplyDeleteMabar pubg yuk
ReplyDeletejaman sebelum corona menyerang :(
DeleteSkuuyyy
ReplyDeletecommentnya bgst aowkwkwkwkkw
ReplyDeleteNjay
ReplyDelete