Desain Grafis #5 - Tipografi atau Teks Pengertian, Penjelasan, dll



Tipografi, seni cetak atau tata huruf adalah suatu kesenian dan teknik memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, guna kenyamanan membaca semaksimal mungkin.

Dalam ilmu tipografi, huruf dibagi menjadi beberapa jenis dan masing-masing jenis memiliki karakteristik serta komunikasi yang berbeda-beda. Inilah yang nantinya menjadi pedoman para desainer dalam memilih huruf yang akan dijadikan sebagai tokoh utama untuk menyampaikan pesan dalam desainnya. 





Jenis dan Karakter Huruf Tipografi


1. Serif
Font Serif biasa digunakan untuk Hardcopy atau hasil cetak media offline, seperti buku, majalah, koran, dan sebagainya


2. Sans-Serif
Sans-Serif ini biasa digunakan untuk media offline, sebaliknya font jenis Sans-Serif seringkali digunakan untuk media online seperti Facebook, Twitter, Google karena tampilannya nyaman dibaca dan dapat dilihat dengan jelas.

3. Script
Font Script biasanya font jenis ini digunakan untuk desain yang berhubungan dengan kemewahan, misalkan undangan pernikahan atau ucapan selamat untuk perusahaan baru dengan hiasan bunga.

4. Character Proportion
Character Proportion ini biasanya digunakan untuk pemrograman atau penyajian kode-kode HTML karena memiliki lebar huruf yang sama dan mudah dihitung spasinya.

5. Cursive
Cursive ini biasa digunakan untuk desain yang berhubungan dengan imajinasi seperti teks pada komik, produk anak anak untuk menarik pehatian mereka dengan bentuknya yang cute dan unique, dan lain-lain.


pemilihan font sangat penting untuk menyampaikan pesan. Misalnya contoh gambar di bawah ini, Apa yang kita rasakan jika melihat tulisan ini...

apa yang kita rasakan dari kedua font diatas? berbeda kan... seperti itu halnya kita harus memilih font yang tepat agar pesan yang ingin kita sampaikan benar-benar maksimal tersampaikan.


Tipografi juga bisa dikatakan sebagai 'Visual Language' atau yang berarti bahasa yang dapat dilihat
Contoh gambar Tipografi Visual Language.

0 comments: